Berita

KaKan Kemenag Kab. Jeneponto Tutup Manasik Haji Tingkat Kabupaten Di Ruang Pola Kantor Bupati Jeneponto

Jumat, 19 April 2024 14:11 WIB
  • Share this on:

BINAMU (Humas Jeneponto) Manasik Haji Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Jeneponto sejak 17 April 2024 pukul 08.00 Wita memasuki hari kedua yang merupakan hari terakhir Manasik Haji Tingkat Kabupaten Jeneponto tanggal 18 April 2024.

Kakan Kemenag Kab. Jeneponto H. Saharuddin yang sekaligus pemateri dihari kedua tampak serius menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan para jamaah sebelum berangkat ke tanah suci termasuk agar tidak terlalu melibatkan anggota keluarga yang berlebihan saat mengantarkan para jamaah menuju asrama haji.

"Beberapa tahun terakhir Kab. Jeneponto terkenal dengan iring-iringan keluarga terbanyak yang mengantar jamaah haji ke Asrama Haji Sudiang yang terkadang menjadi penyebab macetnya akses dikarenakan para pengantar tidak bisa tertampung di lokasi". Jelas Saharuddin.

"Jadi untuk tahun ini saya mohon kepada para jamaah agar bisa mengurangi jumlah anggota keluarga yang mengantarkan para jamaah demi menghindari penyebab macetnya akses masuk ke asrama haji dan juga mengurangi sorotan  kepada Kabupaten kita yang notabene merupakan kabupaten dengan pengantar jamaah terbanyak". Ucap Saharuddin.

Selanjutnya Saharuddin juga berharap agar saat berada di tanah suci, para jamaah senantiasa bisa bekerjasama dengan semua petugas dan semsama jamaah demi menjaga nama baik Kabupaten Jeneponto.

"Kita ketanah suci Mekkah melakukan ibadah haji ini membawa nama Kabupaten Jeneponto, jadi kami berharap agar para jamaah bisa melakukan ibadah dengan baik dan khusu' serta senantiasa membina kerjasama dengan para jamaah itu sendiri atau dengan para petugas haji supaya kelak bisa kembali ketanah air dengan predikan Haji Mabrur dan dengan Nama Baik Kab. Jeneponto yang senantias aterjaga". Harap Saharuddin.

Senada dengan itu, Kasubag TU Hj. Salmah yang bertugas sebagai moderator juga mengajak para jamaah supaya senantiasa berdo'a setiap tiba disatu tempat saat berangkat nanti dimulai dengan berdoa saat tiba di asrama haji sudiang makassar.

Salmah Juga menyampaikan agar para jamaah agar mulai memantapkan niat untuk beribadah dan senantiasa menjaga kesehatan sejak sekarang agar saat pemberangkatan para jamaah bisa fit dalam beribadah dan juga saling tolong menolong saat berada di tanah suci nanti.

Manasik Haji Tingkat Kabupaten Jeneponto Tahun 1445H/2024 masehi ditutup secara resmi oleh Kakan Kemenag Jeneponto H. Saharuddin dengan bersama menghaturkan do'a agar para jamaah senantiasa diberikan kesehatan dalam melakukan ibadah ditanah suci mekkah.

Sekedar penyampaian, jumlah jamaah haji yang akan berangkat dimusim haji 1445H/2024M sebanyak 362 jamaah dan 4 orang petugas haji dengan total 366 orang. Sementara jadwal pemberangkatan pada tanggal 5 Juni 2024 ke Asrama Haji Sudiang dan lanjut ke tanah suci keesokan harinya tanggal 6 Juni 2024.(nh)

Editor:
Nur Hikmayanto, S.Pd.I.
Kontributor:
Nur Hikmayanto
Penulis:
Nur Hikmayanto
Fotografer:
Nur Hikmayanto