Berita

KKM Kecamatan Rumbia : Fasilitasi Peningkatan Sinergitas Kepala Madrasah, Kakankemenag Jeneponto Beri Apresiasi Pada Pengawas Madrasah

Minggu, 10 Maret 2024 13:34 WIB
  • Share this on:

RUMBIA (Humas Jeneponto) - 9 Kepala madrasah plus 1 kepala Radiathul Athfal se-kecamatan Rumbia berkumpul di Aula MA Yapib Tompobulu Boro’ dalam rangka pengukuhan pengurus UPZ (Unit Pengelola Zakat) pada setiap madrasah sekaligus penandatangan MoU antara antara lembaga KUA Kecamatan Rumbia dengan seluruh kepala madrasah/RA yang hadir (Rabu, 6 Maret 2024).

Sebelum pengukuhan pengurus UPZ madrasah berlangsung, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto, H. Saharuddin mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya terhadap kegiatan pengembangan sinergitas sekaligus peningkatan kompetensi sosial kepala madrasah yang diinisiasi oleh pengawas madrasah kecamatan Rumbia, Kasmawati. Oleh karena itu Kakankemenag memotivasi agar para kepala madrasah didampingi pengawas binanya terus berinovasi dan berkreasi menciptakan kegiatan-kegiatan serupa demi peningkatan kualitas dan kompetensi kepala madrasah yang akan berujung pada tercintanya madrasah hebat, bermartabat, mandiri dan berprestasi. H. Saharuddin memohon maaf karena tidak bisa membersamai hingga akhir kegiatan mengingat kesibukan dan keterbatasan waktu beliau hari itu.
 
Kegiatan KKM Kepala Madrasah kecamatan Rumbia tersebut turut menghadirkan Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Hj. Jasminih untuk mensosialisasikan programnya di madrasah sekaligus menanamkan pemahaman yang kuat tentang kegiatan berzakat, infak dan bersedekah untuk pengembangan UPZ di madrasah nantinya.

Pengukuhan Pengurus UPZ tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Baznas kabupaten Jeneponto, Maulana Azkari, sekaligus memberikan arahan tentang tugas-tugas pengurus UPZ di madrasah.
 
Usai Pengukuhan Pengurus UPZ madrasah, dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara Kepala KUA Kecamatan Rumbia, Abdul Salam. Adapun isi MoU adalah kerjasama antara kepala madrasah dan KUA dalam hal pengembangan dan pendampingan kegiatan keagamaan di madrasah, penyuluhan pencegahan pernikahan dini di madrasah dan peningkatan kegiatan peduli lingkungan di Kecamatan Rumbia. Dalam sambutannya Kepala KUA tersebut sangat menyambut baik hubungan sinergitas ini palagi benar-benar dituangkan dalam MoU. Lebih lanjut ia berharap agar Kasmawati, pengawas kecamatan Rumbia tersebut terus membimbing para kepala madrasah di kecamatan Rumbia agar bisa berprestasi mengikuti jejak sang pengawas saat menjadi kepala madrasah berprestasi tingkat nasional.

Akhirnya, Kasmawati selaku pengawas madrasah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah welcome dengan program KKM Kecamatan Rumbia, mulai dari Kepala Kantor Kemenag Jeneponto, Kepala Penzawa dan KUA serta Ketua Baznas Kabupaten beserta tim dan terutama kepada kepala madrasah se-KKM Kecamatan Rumbia beserta guru-guru yang selalu aktif berpatisipasi dalam setiap kegiatan dan Kamad MA Yapib Tompobulu Boro’, Nasir Z selaku tuan rumah pelaksana. Selamat kepada pengurus UPZ, tutur Kasmawati mengakhiri sambutannya. (ksm)

Editor:
Nur Hikmayanto, S.Pd.I.
Kontributor:
Kasma Je'ne
Penulis:
Kasma Je'ne
Fotografer:
Kasma Je'ne