Berita

MIN 2 Jeneponto Tingkatkan Pembiasaan Sholat Dzuhur Berjamaah

Selasa, 27 Pebruari 2024 13:16 WIB
  • Share this on:

Salekoa (Humas Jeneponto) - Sebagai upaya mendukung salah satu nilai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) yaitu Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, MIN 2 Jeneponto berkomitmen meningkatkan pembiasaan sholat Dzuhur berjamaah untuk semua warga madrasah mulai dari peserta didik kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 hingga tenaga pendidik. Sholat Dzuhur berjamaah dilaksanakan setiap hari efektif sekolah di Masjid terdekat.

Shalat duhur berjamaah ini menjadi salah suatu kegiatan yang dilakukan secara kontinu diluar jam pelajaran, untuk melatih peserta didik lebih teratur dan terarah serta mendisiplinkan diri dalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt. Dengan adanya shalat Dzuhur berjamaah, diharapkan mampu membentuk karakter religius peserta didik untuk semakin disiplin dan aktif dalam melaksanakan shalat fardhu secara berjamaah. Kegiatan ini  perlu dukungan semua pihak baik di lingkungan madrasah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat untuk melakukan hal yang sama yaitu mendidik dan mengawal anaknya agar melakukan hal baik yang bernilai positif.

Salah satu guru pembina dan koordinator shalat dzuhur berjamaah, Jamaluddin mengatakan bahwasanya shalat berjamaah itu memiliki banyak keutamaan diantaranya, sholat berjamaah lebih utama 27 derajat dibandingkan dengan shalat sendirian berdasarkan hadits Nabi dan juga shalat berjamaah ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan kaum muslimin dan membentuk akhlak yang mulia.

Kepala MIN 2 Jeneponto, Hj. Haerani berharap dengan adanya kegiatan shalat dzuhur berjamaah ini pembinaan Imtaq dan keagamaan di madrasah semakin hari semakin meningkat. Adapun indikator keberhasilan yang ingin dicapai yaitu pembiasaan ini menjadi budaya dan pada akhirnya menjadi karakter peserta  didik yang menjadi karakter madrasah, masyarakat dan karakter bangsa.(HL)

Kontributor:
Hudalinnas,s.HI.
Penulis:
Nur Hikmayanto
Fotografer:
Abd. Rasyid