Berita

Penutuan MTQ Ke-45 Tingkat Kab. Jeneponto Berlangsung Sangat Spektakuler

Rabu, 6 Maret 2024 21:02 WIB
  • Share this on:

BANGKALA (Humas Jeneponto) Rangkaian kegiatan MTQ Ke-45 tingkat Kab. Jeneponto yang berlangsung selamat 5 hari yang bertepat di Desa Pallantikang Kec. Bangkala terselenggara dengan baik. Secara resmi kegiatan MTQ ditutup pada Rabu (05/03/2024) yang dalam hal ini oleh Pejabat (Pj) Bupati Junaedi B, S.Sos., MH.

Hadir dalam penutupan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jeneponto H. Saharuddin, S.Pd.I., M.Pd, Staf Ahli Gubernur Prov. Sulsel, Forkopimda, Waka Polres, Dandim 1425, Ketua Pengadilan Agama, para Camat Se Kab. Jeneponto, para Pimpinan Organisasi Keagamaan, para Kafilah. Dalam pantauan Tim Humas, diperkirakan masyarakat yang hadir dan ikut memeriahkan saat penutupan berjumlah kurang lebih 3.500.

Ceremonial dimulai dengan lagu-lagu Shalawat Nabi yang dibawakan oleh peserta dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kec. Bangkala dengan personil sebanyak 200 orang, yang mempersembahkan 2 lagu riligi dengan dengan penampilan yang sangat spektakuler.

Selanjutnya, Drs. H. Baharuddin, MM selaku Koordinator Dewan Hakim mengumumkan para peserta terbaik dari setiap cabang, jenis dan golongan yang dilombakan yang tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Hakim tentang kejuaraan peserta lomba pada MTQ Ke-45 Tingkat Kab. Jeneponto. 

Kafilah Kec.Tamalatea kembali menjadi juara umum 1, Kec. Bangkala juara umum 2, Kec. Rumbia juara umum 3, Kec. Binamu juara umum 4 dan Kec. Bangkala Barat juara umum 5. 

Penyerahan Piala secara simbolis kepada juara 1 umum dilakukan oleh Junaedi yang didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag, Staf Ahli Gubernur Prov. Sulsel dan Forkopimda kepada Camat Tamalatea.

Dalam sambutannya, Junaedi menyampaikan bahwa pada MTQ Ke-45 Tingkat Kab. Jeneponto Tahun 2024 Juara Umum 1 kembali diraih oleh Kafilah Kec. Tamalatea yang sudah 4 kali berturut-turut menjadi sang juara umum 1. Ini tentunya akan memberikan spirit kepada Kecamatan lainnya agar kedepannya pembinaan generasi muda dapat lebih ditingkatkan secara intens agar bisa lebih berpacu meningkatkan prestasinya. Junaedi kemudian menutup secara reami kegiatan MTQ Ke-45 Tingkat Kab. Jeneponto Tahun 2024.

Saat ditemui tim humas, Saharuddin mengucakan terima kasih dan apresiasi kepada Camat Bangkala dan Kepala Desa Pallantikang selaku tuan rumah pada MTQ Ke-45 Tingkat Kab. Jeneponto Tahun 2024, juga kepada para panitia pelaksana, dewan hakim, panitra, para keamanan dari TNI POLRI, dan seluruh kontingen yang terlibat mensukseskan kegiatan MTQ ini, sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Insya Allah MTQ Ke-46 tingkat Kab. Jeneponto pada tahun 2026 akan ditempatkan di Kec. Arungkeke, ini sesuai dengan apa yang telah ketua panitia pelaksana MTQ yang disampaikan dalam laporannya diawal acara.

Pada even MTQ tahun ini peserta Tahfizh  Al Qur'an  pesertanya sangat membludak itu dibuktikan dengan pesertanya dari juz 1 sampai juz 30 pada setiap kafilah di 11 Kecamatan Se Kab. Jeneponto mayoritas ada. Ini merupakan keberhasilan mantan Bupati Jeneponto Ikhsan Iskandar yang memprogramkan 1000 tahfizh di Kab. Jeneponto semasa dia menjabat Bupati 2 periode.

Diakhir kegiatan dimeriahkan dengan berbagai macam letusan kembang api yang mewarnai langit diarena utama MTQ di lapangan sepak bola Pallantikang yang menjadikan kegitan penutup ini menjadi lebih meriah dan sangat spektakuler.(Akhmad Rewa)
 

Editor:
Nur Hikmayanto, S.Pd.I.
Kontributor:
Akhmad Rewa
Penulis:
Akhmad Rewa
Fotografer:
Akhmad Rewa