Berita

Perkuat Moderasi Beragama Sejak Dini, MIN 3 Jeneponto Adakan Pemilihan Duta Moderasi Beragama

Jumat, 26 April 2024 13:03 WIB
  • Share this on:

PINJONGGA (Humas MIN 3 Jeneponto) - Untuk menanamkan nilai-nilai beragama secara moderat dan saling menghargai tiap-tiap insan baik para siswa-siswi maupun para guru-guru MIN 3 Jeneponto, maka MIN 3 Jeneponto mengadakan pemilihan "Duta Moderasi Beragama" baik untuk siswa maupun guru sebagai. Hal ini dimaksudkan agar menjadi motivasi dalam meningkatkan 4 (empat) Pilar Moderasi Beragama yaitu Komitmen Kepada Nilai Kebangsaan, Menjaga Toleransi, Anti Kekerasan, dan Menjaga Kearifan Lokal pada Kamis (25/04/2024).

Pemilihan ini diikuti oleh para siswa-siswi kelas IV dan V dengan bentuk seleksi berupa tes wawancara langsung dari guru yang ditugaskan oleh ketua pelaksana sebagai tim penguji. Adapun tim terdiri dari Rachmat Suparman, Idhan Ibrahim dan Andi Muthmainnah. Para anggota tim penguji dipilih karena berkompeten dalam bidang mata pelajaran umum sehingga soal dari tes wawancara yang dilakukan sangatlah sederhana dan bersifat umum namun dapat mencerminkan nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Tes wawancara tersebut diikuti oleh 3 (tiga) orang siswa-siswi yang dilanjutkan dengan tes kompetensi untuk menjawab beberapa soal melalui google form. Dari ketiga kandidat inilah akan terlahir para Duta Moderasi Beragama terbaik 1, 2 dan 3 dengan pemenang Duta Moderasi Beragma yakni Farel Pratama Jamal sebagai juara I dari Kelas V, Sukma Pertiwi juara II dari Kelas V, dan Muh. Rahman juara III dari Kelas IV.
  
Melalui kontributor humas, Kepala MIN 3 Jeneponto  Abdul Asis menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan karakter siswa madrasah khususnya di MIN 3 Jeneponto dalam moderasi beragama melalui Pemilihan Duta Moderasi Beragama yang dilanjutkan dengan bimbingan.

"Kami juga sampaikan bahwa setelah pemilihan Duta Moderasi Beragama ini kami ingin melaksanakan bimbingan lagi sebagai Penguatan Moderasi Beragama dalam dekat ini. Dan semua guru dan siswa yang terpilih sabagai Duta Moderasi Beragama ikut dalam bimbingan tersebut". Tambahnya Azis.

Dalam kegiatan ini, para guru juga sangat antusias dalam pemilihan Duta Moderasi Beragama, maka diadakan juga pemilihan Duta Moderasi Beragama dari guru dengan cara tes kompetensi yang sudah disediakan oleh ketua pelaksana kegiatan Pemilihan Duta Moderasi Beragama. Dan guru yang jadi Duta Moderasi Beragama yang terpilih yaitu  Fatmawati, Sudirman dan Nuraeni.

 

Usai pemilihan Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Duta Moderasi Beragama  Hasbi Basri juga mengharapkan ada kegiatan lomba Duta Moderasi Beragama baik ditingkat Kecamatan maupun ditingkat Kabupaten khusunya dalam lingkup Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto.

"Kegiatan semacam ini ada baiknya dilaksanakan secara berjenjang dari Tingkat Madrasah di Kabupaten/Kota dan kalau perlu sampai ketingkat Nasional. Dengan begitu pemahaman terhadap salah satu dari 7 Program Prioritas Kementerian Agama yakni Moderasi Beragama bisa diterapkan sejak dini khususnya dilingkup MIN 3 Jeneponto sendiri ". Jelas Hasbi.

Hasbi juga menyampaikan bahwa Big Pictures dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan komitmen kebangsaan berdasarkan Nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indoensia. Duta terpilih nantinya menjadi pioner dalam menjaga dan menguatkan toleransi untuk menjaga kerukunan umat beragama. Tambahnya.(Hasbi_Ds).

Editor:
Nur Hikmayanto, S.Pd.I.
Kontributor:
Hasby
Penulis:
Hasby
Fotografer:
Hasby