Berita

Ramadhan Tiba, Pj. Bupati Jeneponto Imbau Kolaborasi Kemenag Dan Kesra Setda Bangkitkan Safari Ramadhan

Rabu, 13 Maret 2024 15:10 WIB
  • Share this on:

BINAMU (Humas Jenepont) - Pemantapan kegiatan Pemerintah Daerah Kab. Jeneponto di Bulan Suci Ramadhan 1445H bertepatan dengan bulan Maret 2024 semakin gencar. Banyak hal yang dibahas dalam berbagai rapat demi terlaksananya semua kegiatan dengan baik.

Terkait hal tersebut, hari ini Rabu (13/03/2024) Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jeneponto H. Saharuddin, S.Pd.I., M.Pd penuhi undangan dari Sekretariat Daerah tertanggal 12 Maret 2024 guna mengikuti Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Ruang Rapat Bupati pukul 09.00 Wita.

Hadir dalam rapat Pejabat (Pj) Bupati Jeneponto Junaedi B, Ketua DPRD Kab. Jeneponto, Kapolres Jeneponto, Dandim 1425 Jeneponto, Kajari Jeneponto, Sekda Kab. Jeneponto, Pejabat Fungsional Utama Kab. Jeneponto, Para Staf Ahli Bupati, Kepala Inspektorat, Para Asisten Setda, Kasatpol PP dan Damkar, Kepala BPKAD, Kepala BAPPEDA.

Turut hadir dalam rapat Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kadis Perdagangan dan Perindustrian, Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis KOMINFO, Kadis Koperasi dan UMKM, Kadis Sosial, Para Camat se Kab. Jeneponto, Kabag Perekonomian Setda, Kabag Kesra Setda serta Kepala Cabang BULOG Kab. Jeneponto.

Rapat yang dipandu oleh Sekda H. Muh. Arifin Nur, SH., MH ini berlangsung sangat tertib. Ada beberapa agenda yang akan dibahas dalam rapat yakni :

  1. Pengendalian Harga/Inflasi Bahan Pokok Strategis Menghadapi Hari Raya Idul Fitri.
  2. Pelaksanaan Gelar Pangan Murah Kerjasama PKK, Persit dan Bhayangkari.
  3. Penertiban Pasar-pasar dan Potensi Kemacetan Melalui Rekayasa Lalulintas
  4. Persiapan Operasi Ketupat
  5. Agenda Lain Yang Dianggap Penting.

Dalam sambutan dan arahannya Junaedi menyampaikan beberapa hal terkait penertiban harga/inflasi bahan pokok yang ada di pasar.

"Kita akan melakukan operasi pasar yang akan dimulai besok bersama instansi-instansi serta perangkat daerah terkait guna mensurvei harga-harga yang ada di lapangan yang selanjutnya akan dilaporkan dalam rapat teknis pengendalian inflasi". Ucap Junaedi.

"Selanjutnya menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting yang menjadi evaluasi disetiap minggu dimana masih kurangnya kabupaten yang melaporkan termasuk pencanangan gerakan menanam. Apa yang menjadi prioritas dalam program pencanangan gerakan menanam misalnya tanaman cabai". Lanjut Junaedi.

Junaedi juga menyampaikan bahwa terdapat lahan yang sangat berpotensi dalam pencanangan gerakan menanam dengan lokasi disamping Rutan Kab. Jeneponto dan tercatat di Kecamatan Binamu. Junaedi berharap agar bisa berkolaborasi dengan Kepala Rutan agar bisa memanfaatkan potensi yang ada disana untuk menanam bibit cabai yang akan diberikan oleh Gubernur nanti.

Salah satu program Pemda di Bulan Suci Ramadhan, Junaedi juga mengimbau agar Kabag Kesra Setda berkolaborasi dengan Kemenag bisa membangkitkan kembali Safari Ramadhan sebagai salah satu amaliyah di bulan ramadhan yang sangat dirindukan oleh masyarakat serta merupakan kegiatan rutin disetiap tahunnya.(SS)

Editor:
Nur Hikmayanto, S.Pd.I.
Kontributor:
Saprianto Sewang
Penulis:
Nur Hikmayanto
Fotografer:
Saprianto Sewang