Berita

Tingkatkan Skill Guru Madrasah Diniyah, BDK Makassar Lakukan PDWK Di Kemenag Jeneponto

Jumat, 29 Maret 2024 11:29 WIB
  • Share this on:

BINAMU (Humas Jeneponto) - Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting demi mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu usaha peningkatan SDM yakni dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada tenaga pendidik disemua tingkatan.

Terkait hal tersebut, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar lakukan Pelatihan Pembelajaran Madrasah Diniyah Wilayah Kerja (PDWK) Kementerian Agama Kab. Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Jeneponto pada Jum'at (29/03/2024) pukul 09.00 Wita.

Hadir saat pembukaan pelatihan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jeneponto H. Saharuddin, S.Pd.I., M.Pd, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Hj. Salmah, S.Ag., M.Pd.I., Kasi Pendidikan Madrasah Hj. Rahmawati, S.Ag., MA, Kasi Pendidikan Diniyah dan Ponpes Drs. H. Basri P, MM, Kasi Bimas Islam Drs  H. Baharuddin M, MM, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Dra. Hj. Jasminih, M.Pd, Para panitia BDK dan Lokal, para analisis Kepegawaian Kemenag Jeneponto serta segenap peserta.

Pembukaan pelatihan yang dipandu oleh Abdul Rasyid S, SE ini dibuka langsung oleh Plt. Kepala BDK Makassar Sukmah, S.Pd.I., MA dan akan berlangsung selama 6 (enam) hari kedepan dimulai pada tanggal 29 Maret - 03 April 2024.

Selanjutnya dalam laporan panitian yang dibacakan oleh Al Imran, S.T., MM menyampaikan tujuan dilaksanakannya pelatihan madrasah diniyah.

"Adapun tujuan dilaksanakannya Pelatihan ini adalah untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta serta dapat mengembangkan sikap mental yang baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik dan kependidikan". Ungkap Imran.

Dalam laporan panitia, Imran juga menyampaikan bahwa pelatihan pembelajaran madrasah diniyah ini diikuti sebanyak 30 orang peserta.

Menanggapi hal tersebut, Kakan Kemenag Kab. Jeneponto Saharuddin menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Plt. Kepala BDK Makassar dan Panitia atas terselenggaranya PDWK pada hari ini.

 "Selaku kepala kantor, saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Plt. Kepala BDK dan panitia atas terselenggaranya pelatihan hari ini dimana kita ketahui bersama bahwa Madrasah Diniyah memang kurang tersentuh dengan pelatihan-pelatihan seperti ini". Ucap Saharuddin.

"Mudah-mudahan semua peserta pelatihan hari ini bisa betul-betul serius mengikuti semua materi dan bisa mengaplikasikan semuanya saat kembali ke tempat masing-masing serta bisa menjadi motivator kepada yang lain agar tetap mengembangkan pembelajaran di Madrasah Diniyah". Harap Saharuddin.

Dalam sambutan sekaligus arahannya, Sukmah menyampaikan bahwa terlaksananya PDWK disetiap daerah bisa terlaksana jika ada sinegitas dan kerjasama yang baik dengan semua Stakeholder, pimpinan dan jajarannya yang ada di daerah tersebut.

"Pelaksanaan PDWK di suatu daerah bisa sukses terlaksana jika semua stakeholder yang ada didaerah tersebut bisa bekerjasama dan bersinergitas. Meski kami memiliki anggaran yang banyak dan ingin melaksanakan pelatihan disuatu daerah namun stakeholdernya, pimpinan dan jajarannya tidak merespon maka tentu saja kami tidak bisa melaksanakan pelatihan tersebut". Jelas Sukmah.

"Pelaksanaan kegiatan seperti saat ini merupakan hak setiap satker jika itu merupakan sebuah kebutuhan, ibaratnya sebuah simbiosis mutualisme yakni saling membutuhkan. Satker membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan SDM dan kami juga ditarget untuk menyelesaikan anggaran program sampai bulan tertentu". Pungkas Sukmah.

Usai sambutan, Sukmah kemudian membuka secara resmi Pelatihan Pembelajaran Madrasah Diniyah Wilayah Kerja (PDWK) Kementerian Agama Kab. Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan yang dilanjutkan dengan penyematan ID Peserta secara simbolis kepada 2 (dua) orang peserta yakni Muh. Aswar Arif S dan Sunarti, S.Pd.

Informasi tambahan, Pelatihan Pembelajaran Madrasah Diniyah Wilayah Kerja (PDWK) Kementerian Agama Kab. Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan hari pertama berlangsung dengan Moderator oleh Al Imran, S.T., MM dan Narasumber oleh Plt. Kepala BDK Makassar Sukmah, S.Pd.I., MA. Selanjutnya Widyaiswara yang akan bertugas sampai hari keenam adalah H. FAHRI,  S. Si. M. Pd dan Dr. H. Abdurrafiq,. M. Pd.(nh)

Editor:
Nur Hikmayanto, S.Pd.I.
Kontributor:
Nur Hikmayanto
Penulis:
Nur Hikmayanto
Fotografer:
Nur Hikmayanto